Media Massa dan Pembentukan Opini Publik

(Kajian Agenda SettingTheory)

  • Alim Puspianto
Keywords: Media massa, Opini Publik, Teori Agenda Setting

Abstract

Perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat menerima sebuah informasi dengan cepat menjadikan masyarakat semakin terbuka dengan berbagai macam informasi. Kehadiran teknologi tak pelak memberikan pengaruh sangat besar dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan. Sementara itu media massa dengan segala kekuatannya masih diyakini memiliki sumbangsih besar dalam pembentukan opini public. Dengan media massa, seseorang atau kelompok tertentu menanamkan pesan tertentu melalui informasi-informasi yang penyajiannya seringkali disetting terlebih dulu. Hal tersebut mencerminkan bahwa pasti ada sebuah perencanaan terkait dengan setting pemberitaan yang terjadi dalam dapur media massa. Karena realitanya seringkali kita saksikan bahwa pemeritaan di media massa seakan sudah diarahkan sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan yang dikehendaki para awak media.

Dalam tulisan ini penulis membahas tentang keterkaitan media massa dalam membentuk opini publik yang berkembang di tengah masyarakat. Adapun salah satu pisau analisis yang dijadikan sebagai bahan kajian dalam penulisan ini yaitu teori agenda setting. Karena tidak mungkin sebuah opini publik berkembang secara alami dan berjalan begitu saja. Pasti ada agenda yang sudah tersetting sehingga dengan pemberitaan pemberitaan yang ditampilkan media massa tersebut akan membentuk sebuah opini publik.

Adapun simpulan dari tulisan ini diantaranya bahwa media massa dengan pola pemberitaannya mampu mempengaruhi masyarakat yaitu dengan berkembangnya opini publik. Tentunya opini publik yang dimaksud tidak mungkin bisa terbentuk tanpa adanya agenda yang sudah disetting oleh para pelaku media. Hal itu menjadi wajar karena setiap media punya kecenderungan kecenderungan tentunya sesuai dengan ideologi dan kepentingannya masing masing. Sehingga bisa disimpulkan bahwa keberadaan media massa dengan agenda agendanya sangat berpengaruh terhadap pembentukan opini publik yang berkembang di masyarakat.

References

Anwar. Arifin, Komunikasi Politik, Paradigma-Teori-Aplikasi-Strategi dan Komunikasi Politik Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2003
Anwar. Arifin, Opini Publik , Depok: Gramata Publishing, 2010
Burhan. Bungin, Imaji Media Massa, Yogyakarta: Jendela, 2001
Dan Nimmo, Komunikasi Politik, Khalayak dan Efek, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000
Denis. McQuail, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Jakarta: Erlangga, 1994
Efendi, Onong, Ilmu Komunikasi Teroi dan Praktek, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004
Husaeni, Adian, Penyesatan Opini Jakarta: Gema Insani, 2002
James W. Tankard, Jr. Werner J. Severin, Teori komunikasi (Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa) Jakarta: Prenada Media Group, 2015
Junaidi, Fajar, Etika Komunikasi Di Era Siber, Depok: Rajawali Press, 2019
Iswhara, Luwi, Jurnalis Dasar, Jakarta: PT Kompas Media Nusantara, 2011
Kun Wazis, Media Massa dan Konstruksi Realitas, Malang: Aditya Media Publishing, 2012
Krisyantono, Rachmad, Teknik Praktis Riset Komunikasi, Jakarta: Kencana Prenada, 2010
McQuail, Denis, Teori Komunikasi Massa, Jakarta: Salemba Humanika, 2011
Morissan, Teori Komunikasi Individu Hingga Massa, Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2014
Mulyana, Deddy, Komunikasi Massa, Bandung: Widya Padjadjaran, 2008
Mungin, Burhan, Sosiologi Komunikasi, Jakarta: Kencana, 2008
Nasrullah, Rully, Komunikasi Antarbudaya di Era Cyber, Jakarta: Kencana, 2014
Nurudin, Komunikasi Propaganda. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001
Nurudin, Komunikasi massa, Malang: Cespur, 2003
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2014
Nurudin, Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2011
Pureklolon, Thomas Tokan, Komunikasi Politik, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2016
Rakhmat, Jalaluddin, Psikologi Komunikasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011
Romli, Khomsahrial, Komunikasi Massa, Jakarta: Grasindo, 2016
Sunarjo. Djoenaesih.S, Opini Publik, Yogyakarta: Liberty Offset, 1997
Tamburaka, Apriadi, Agenda Setting Media Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013
Toto Sugiarto, Panduan Menjadi Jurnalis Profesional, Yogyakarta: Araska, 2019
Wahyuni, Isti Nursih, Komunikasi Massa, Yogyakarta: Garha Ilmu, 2014
Published
2021-09-01
How to Cite
Alim Puspianto. (2021). Media Massa dan Pembentukan Opini Publik : (Kajian Agenda SettingTheory). An-Nida’ : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 10(1), 95 - 118. Retrieved from https://www.e-jurnal.stail.ac.id/annida/article/view/339
Section
Articles